Senin, 27 Mei 2013

"Perbedaan Wordpress dan Blogspot"

 

uummm.....


bedanya apa siih?
Walaupun 2 platform blog ini sudah begitu populer di dunia maya, namun masih banyak yang belum bisa membedakan dengan jelas antara Blogger dan Wordpress. Gue tergerak untuk membuat tulisan ini karena beberapa teman kita sering menanyakannya lewat chat tentang apakah sebaiknya membuat web atau blog dan platform mana yang lebih baik dipakai. Baiklah, mari kita belajar segamblang-gamblangnya biar gak pada bingung lagi karena jika salah mengerti maka salah juga mengambil langkah ke depannya.

Oke, dua makhluk yang akan kita bahas kali ini yaitu Blogger dan Wordpress. Keduanya adalah layanan paling populer di dunia maya. Tetapi banyak yang gak tau bahwa Blogger dan Wordpress itu 2 wujud yang berbeda. Mari kita bahas satu persatu.


·         >>>>  Blogger
         Blogger adalah salah satu layanan blogging dengan pengguna terbanyak di dunia. Perlu diketahui si Blogger inc ini milik Google semenjak diambil alih dari perusahaan pengembang Blogger Pyra Lab, dalam waktu dekat Google rencananya akan mengubah namanya menjadi Google Blog agar ketahuan siapa pemilik layanan ini(narsis banget). Patut dicatat kalau Blogger ini adalah layanan Blog, bukan CMS! jadi istilahnya Google sudah menyiapkan hosting gratis yang secara teori tak terbatas, subdomain blogspot, jadi kita tinggal pakai saja tanpa perlu pusing mengisi plugin ini itu. Oleh karena Blogger bukan CMS, maka kita tidak bisa membuka kodenya secara blak-blakan namun Google membuka kode-kode untuk mengubah tampilan blognya dan fungsi-fungsi terbatas. 


Oh beda ya Blogger ma Blogspot?
              
           Banyak yang bertanya perbedaan antara Blogger dan Blogspot. Sebenarnya ini menjadi sedikit kerancuan. Blogger jelas adalah nama layanannya sedangkan blogspot adalah nama domain yang dipakai Google untuk domain blog yang dibuat di Blogger. Jadi lebih enak kalau kita sebut Blogger sebagai nama layanan dan blogspot itu subdomain yang akan kita terima kalau memakai Blogger.

            Hostingnya bagaimana?
                 
              Seperti yang gue katakan di awal bahwa di Blogger hostingnya sudah disediakan Google dan secara teori tak terbatas. Itu artinya tidak perlu pusing-pusing membeli hosting di jasa hosting lalu mengupload filenya, toh Blogger bukan CMS, lalu mau upload file apa? tetapi dengan digratiskannya hosting maka kita gak bisa berbuat apa kalau nanti blog ditutup oleh Google, istilahnya di-banned. Masa udah dikasi tempat gratisan giliran diusir ga mau. Tetapi Google tidak mengusir Blogger dengan sembarangan karena biasanya Blogger yang di-banned kebanyakan melanggar Term Of Service nya Google Blogger.

·        >>>>>  Wordpress
       
Yang selalu bikin bingung orang-orang adalah : "Wordpress itu CMS atau layanan sih?". Jangankan yang baca ini, gue awalnya juga sempet bingung dan akhirnya mendapat pencerahan setelah mendengar penjelasannya langsung dari tim Wordpress pada Pesta Blogger.
          
Wordpress adalah sebuah CMS yang ditemukan oleh Matt Mulenweg dan dikhususkan untuk blog alias fungsi-fungsinya itu kebanyakan yang bisa dilakukan blog. Oleh karena keterbukaannya maka CMS Wordpress sangat cocok untuk digunakan user pemula maupun expert.  Bagi para expert biasanya Wordpress dimodifikasi sedemikian rupa sehingga punya fungsi-fungsi kompleks yang bahkan bisa menyerupai CMS Web seperti Joomla.

          Perlu hosting dan domain gak?
          
Saat memakai Blogger kita tidak menggunakan hosting tetapi saat menggunakan CMS Wordpress maka wajib hukumnya menggunakan hosting dan domain karena yang punya tanah adalah kita sendiri. Gedenya hosting terserah kita karena semakin besar maka semakin banyak yang bisa kita tampung di dalamnya baik itu berupa video, gambar, posting, dan berbagai file lainnya.

          Bisa diusir gak?
                  
Bisa aja diusir kalau kita gak tepat waktu bayar hosting karena beli hosting itu gak beli sekali untuk selamanya tetapi lebih tepatnya "menyewa hosting". Jadi sesuai dengan kesepakatan penjual hosting, kita harus membayarnya beberapa bulan sekali (termasuk domainnya).

         Terus kayaknya ada Wordpress layanan deh, bener gak?
              
Bener, Wordpress sebagai layanan beralamat di Wordpress.com. Wordpress.com ini yang punya juga si Wordpress cuma bentuknya sebuah layanan blog seperti Blogger. Wordpress memfasilitasi user yang doyan layanan gratis dan gak terlalu ngerti CMS. Berbeda dengan Blogger, Wordpress sepenuhnya menutup kode-kode untuk mengubah tampilan dan tidak memperkenankan ada iklan-iklan berupa kode Javascript terpampang di Blog kita. Hal ini dilakukan untuk menggiring user memakai CMS Wordpress karena biasanya selalu ditulis "jika ingin mengexplore lebih banyak, download CMS Wordpress di wordpress.org".

         Terakhir, bagusan buat web atau blog?
              
Perlu dicatet ya kalo blog itu juga web, weblog tepatnya. Bedanya adalah blog itu fungsinya lebih ke penulisan berita berurutan sesuai tanggalnya, itu doang. Kalau mau cepet ya buat di Blogger atau Wordpress.com. Kalau mau agak explore ya coba pakai CMS Wordrpess. Kalau mau bener-bener komplit isi telor sampe ada aplikasi statistik, grafik-grafik trend penjualan, dll ya coba pakai web aja entah buat sendiri atau make CMS seperti Joomla.


:) :) :) THANKSSSSSSS
 


 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar